6 Cara Menggunakan Shampo Metal Fortis yang Benar, Dijamin Hasilnya Lebih Maksimal!

6 Cara Menggunakan Shampo Metal Fortis yang Benar, Dijamin Hasilnya Lebih Maksimal!

Jangan sampai perawatan rambut dengan shampo Metal Fortis tidak memberikan hasil maksimal hanya karena kamu tidak tahu cara menggunakan yang benar. Sebetulnya mudah saja, asalkan kamu mau mempelajarinya dari postingan Netzlover kali ini.

Bagi kamu penggemar shampo lokal, Metal fortis tentu sudah familier karena selain cukup terkenal juga telah lama ada diproduksi di Indonesia. Shampo ini menawarkan berbagai perawatan rambut seperti menghilangkan ketombe, melawan rambut rontok dan membuat rambut lebih cepat dalam pertambahan panjangnya.

Kembali lagi, semua manfaat Shampo Metal Fortis tersebut tidak akan didapatkan hingga telah menggunakannya dengan benar. Untuk itu, simaklah tata cara menggunakan sampo Metal Fortis yang benar di bawah ini.

Cara Menggunakan Shampo Metal Fortis yang Benar

Step #1 Siapkan Rambut Sebelum Menggunakan Shampo Metal

Step #1 Siapkan Rambut Sebelum Menggunakan Shampo Metal

Sisirlah rambutmu sebelum menggunakan shampo Metal. Ini terdengar agak asing, namun menyisir rambut bisa membuat rambut yang kusut menjadi halus sehingga saat menggunakan shampo Metal rambut dapat lebih mudah diatur.

Jika kamu menyisir rambut setelah keramas dengan shampo ini, maka bisa-bisa kerontokan rambut semakin banyak. Tidak hanya itu, menyisir rambut setelah keramas tidak dianjurkan karena bisa menekan rambut dan dapat membuat rambut rusak.

Selain itu, kamu bisa menyempatkan waktu sekitar 15 menit sebelum keramas dengan menyemprotkan vitamin rambut. Cara ini bisa membuat nutrisi yang masuk ke dalam rambut semakin banyak dan kamu juga tidak perlu menggunakan conditioner setelah keramas.

Alternatif lain untuk menyiapkan rambut sebelum menggunakan shampo Metal adalah dengan mengosokkan batang lidah buaya yang sudah dikupas pada rambut. Diamkan rambut selama 10-15 menit agar kandungan lidah buaya bisa diserap oleh rambut.

Step #2 Ketahui Masalah Rambut yang Kamu Hadapi

Step #2 Ketahui Masalah Rambut yang Kamu Hadapi

Shampo Metal Fortis tidak hanya terdiri dari satu produk saja, melainkan ada 2 varian yang menawarkan manfaat berbeda. Shampo Metal Fortis dengan tutup kemasan berwarna merah berguna memanjangkan rambut sedangkan tutup berwarna hijau berkhasiat menghilangkan ketombe.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu masalah rambut apa yang sedang dihadapi sehingga tidak salah memilih varian shampo Metal Fortis.

Step #3 Basahi Rambut

Step #3 Basahi Rambut

Tahap pertama sebelum mengaplikasikan shampo Metal adalah membasahi rambut. Dianjurkan basahi rambut menggunakan air hangat agar kutikula rambut terbuka. Dan saat membilas rambut menggunakan air dingin, kelembaban rambut akan terkunci sehingga bisa bertahan lama. Shampo Metal Fortis mengandung bahan pelembab yang cukup ampuh dalam melembabkan rambut.

Meskipun demikian, jangan basahi rambut dengan air panas karena dapat membuat tekstur rambut jadi kering dan kusut. Meskipun shampo ini bisa melembabkan rambut dan kamu menggunakan conditioner dengan kekuatan moisturizer tinggi.

Step #4 Gunakan Shampo Metal Fortis Secukupnya

Step #4 Gunakan Shampo Metal Fortis Secukupnya

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, begitu pula saat menggunakan shampo Metal Fortis. Jika rambutmu pendek dan tipis bisa gunakan sedikit shampo sekitar satu sendok teh.

Dan jika rambutmu panjang dan tebal bisa tambahkan shampo sedikit lebih banyak. Saya yakin kamu bisa mengira-ira berapa banyak shampo yang digunakan agar pas di rambutmu.

Step #5 Terapkan Teknik Keramas yang Benar

Step #5 Terapkan Teknik Keramas yang Benar

Jika kamu menganggap kalau keramas tidak membutuhkan teknik sama sekali, maka kamu kurang tepat. Ada beberapa teknik yang bisa kamu terapkan agar keramas menggunakan shampo Metal bisa berjalan baik. Ikuti langkah di bawah ini:

  • Tuang shampo Metal ke telapak tangan.
  • Oleskan shampo Metal dari atas kepala ke bagian belakang kepala.
  • Usapkan shampo dari bagian kepala ke seluruh bagian rambut.
  • Pijat kepala dengan gerakan lembut menggunakan jari-jari selama kurang lebih 1-2 menit. Hindari memijat menggunakan kuku jari karena bisa membuat luka.
  • Setelah dirasa cukup, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih.

Teknik yang harus menjadi perhatian khusus adalah saat memijat kepala. Tahapan tersebut merupakan langkah penting agar alirah darah di kulit kepala semakin lancar sehingga merangsang pertumbuhan rambut.

Step #6 Bilas Rambut dengan Benar

Step #6 Bilas Rambut dengan Benar

Dengan formula tinggi di dalam produk Metal Fortis, kamu tidak perlu keramas dengan shampo ini hingga dua kali. Sekali saja sudah cukup menutrisi rambut. Dan setelah selesai keramas, jangan lupa bilas rambut dengan benar.

Bilas dengan air dingin agar kelembaban rambut bisa terkunci. Jangan gunakan air hangat apalagi panas karena efeknya bisa berakibat pada rambut yang menjadi kering dan kusut.

Step #7 Finishing dengan Konditioner

Step #7 Finishing dengan Konditioner

Kamu bisa menutup sesi keramas dengan menggunakan konditioner yang sesuai dengan tipe rambutmu. Gunakan konditioner sama seperti waktu keramas, yang berbeda hanyalah kamu harus mendiamkan rambut  2-4 menit agar nutrisi bisa terserap dengan baik. Setidaknya gunakan konditioner 1 minggu sekali agar masalah rambut bisa cepat diatasi.

Seberapa Sering Kamu Harus menggunakan Shampo Metal Fortis?

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan tentang shampo Metal Fortis adalah berapa kali harus menggunakannya? Sebenarnya jawabannya relatif, setiap orang bisa menggunakan shampo ini tergantung dari masalah rambut yang dihadapi serta tipe rambut masing-masing.

Gunakan shampo ini untuk keramas setiap 2-3 hari sekali agar rambut lebih panjang, subur dan lembab. Pemakaian 2-3 hari sekali juga bisa diterapkan untuk menghilangkan komedo serta mengatasi rontok. Jika kulit kepala sudah lembab dan kamu hanya butuh shampo untuk memanjangkan rambut, gunakan 2-3 kali dalam seminggu agar kelembaban alami rambut tidak hilang.