Follow Us

Hati-Hati! 6 Efek Samping Masker Susu Dancow ini Cukup Berbahaya buat Kulitmu

Hati-Hati! 6 Efek Samping Masker Susu Dancow ini Cukup Berbahaya buat Kulitmu

Belum lama ini viral masker wajah yang menggunakan bahan susu Dancow. Dan dalam salah satu Video yang sudah ditonton puluhan juta viewer di kanal Youtube Mutia Anjani, menjelaskan tentang bagaimana caranya memutihkan wajah menggunakan masker susu dancow.

Tentu hal ini membuat kita penasaran, apakah benar susu dancow yang notabene nya sebagai susu untuk dikonsumsi justru bisa membuat kulit wajah jadi Putih dan glowing? Ini tentu menjadi teka teki terlebih lagi belum ada keterangan resmi dari dokter perihal tersebut.

Namun hal lain yang menjadikan kita penasaran adalah, apakah masker susu dancow bisa menyebabkan reaksi efek samping? Nah, pada postingan kali ini Netzlover ingin menjelaskan tentang semua efek samping yang mungkin kamu alami saat menggunakan masker susu dancow.

Cream Farma WDC: Ada 9 Manfaat dan Efek Samping yang Wajib Diketahui

6 Efek Samping Masker Susu Dancow

1. Muncul Reaksi Gatal-Gatal

Salah satu efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan masker susu dancow adalah munculnya reaksi gatal-gatal di kulit wajah. Bila gatalnya normal bisa diamkan terlebih dulu, jangan menggosok kulit apalagi menggaruk dengan kuku karena bisa menyebabkan iritasi.

Gatal dapat hilang dalam beberapa jam antara 1-2 jam. Tapi gatal yang dialami juga bisa bertahan lama bahkan gatalnya semakin parah. Jika mengalami reaksi gatal yang cukup parah, jangan garuk, sebaiknya lakukan kompres dengan air dingin.

Gatal yang parah merupakan reaksi yang sangat jarang terjadi. Mungkin kamu akan mengalami masalah ini jika kulit hipersensitif. Untuk itu perhatikan jika kulitmu adalah tipe yang sensitif agar lebih berhati-hati.

2. Muncul Ruam kemerahan

Tidak semua kulit wajah cocok dengan formula masker susu dancow. Dan ketika mencoba menggunakan masker berbahan susu tersebut, tubuh akan melakukan penolakan dan tandanya adalah munculnya ruam kemerahan.

Sebaiknya hentikan pemakaian apabila muncul ruam karena ini menandakan bahwa kulit tidak cocok dengan masker susu dancow. Meskipun umumnya ruam tidak tampak berbahaya, tapi jika pemakaian dilanjutkan bukannya tidak mungkin muncul masalah-masalah lain.

3. Kulit terasa cekit-cekit

Mempunyai kulit sensitif memang memerlukan kewaspadaan tingkat tinggi terhadap semua produk kecantikan yang coba diaplikasikan ke wajah. bukannya apa-apa, bahkan produk skincare dengan kandungan parfume sedikit pun dapat membuat kulit bermasalah. Begitu pula saat kamu menggunakan masker susu dancow.

Tidak ada kandungan yang berbahaya bagi kulit, semuanya aman dan tidak membahayakan apalagi merusak kulit. tapi kulit yang sensitif mungkin akan memberikan hasil berbeda, salah satunya kulit terasa cekit-cekit.

Di awal-awal pemakaian masker, reaksi negatif ini bisa dirasakan. Kemungkinan setelah pemakaian pertama akan muncul gejala tersebut, namun juga bisa setelah 2-5 kali masker diaplikasikan ke wajah.

4. Muncul Jerawat

Masalah lainnya yang bisa muncul akibat pemakaian masker susu dancow adalah munculnya jerawat. Jerawat yang nongol di wajah biasanya kecil-kecil, tidak sampai tumbuh besar. Dan jerawat dapat semakin parah ketika susu dancow dicampur dengan bahan lain misalnya putih telur.

Sama seperti sebelumnya, faktor ketidakcocokan kulit dengan formula susu dancow didapuk sebagai penyebab utamanya. Meskipun demikian, jerawat bisa hilang dan mengecil dengan sendirinya. Agar lebih cepat dihilangkan, gunakan produk khusus untuk kulit berjerawat dari Safi, Wardah atau Clean & Clear.

5. Kulit mengelupas

Kulit yang mengelupas adalah tanda menumpuknya sel-sel kulit mati di wajah. Ini adalah reaksi wajar agar sel kulit mati bisa diangkat sehingga wajah tampak lebih cerah dan bercahaya. Biasanya terjadi di masa-masa awal pemakaian masker.

Namun kulit mengelupas tidak hanya berefek baik bagi kecantikan wajah, tapi juga bisa berefek buruk karena kulit akan semakin tipis dan sensitif. Untuk itu pemakaiannya jangan terlalu sering, awal-awal sebaiknya gunakan masker 1-2 kali dalam seminggu.

6. Kulit semakin kering dan Kusam

Reaksi efek samping lainnya yang mungkin terjadi adalah kulit semakin kering dan mengelupas. Kulit yang tidak cocok dengan formula susu dancow akan memunculkan reaksi berupa pengurangan sebum alami kulit secara berlebihan. Bahkan jika kulitmu sudah kering, maka ia akan semakin kering dan tampak kusam.

Langkah awal ketika mendapatkan masalah kekeringan kulit adalah menghentikan pemakaian masker. Selain itu gunakanlah pelembab yang cocok di kulitmu dan juga gunakan produk skincare untuk kulit kering.

Cara menghindari Efek Samping Masker Susu Dancow

Cara menghindari efek samping masker susu dancow yang paling ampuh adalah dengan mengetesnya apakah cocok atau tidak di kulit wajah kita. Tahap uji coba ini penting kamu lakukan terlebih lagi jika kulitmu sensitif dan mudah mengalami alergi.

Dikutip dari Beauty Journal, inilah cara mengetes suatu skincare cocok atau tidak:

1. Gunakan masker di Belakang telinga

Kulit wajah bukan satu-satunya bagian kulit paling sensitif di tubuh kita. Tapi ada kulit bagian kepala yang justru lebih tipis serta sensitif terhadap bahan apapun yang coba diaplikasikan ke kulit.

2. Tunggu selama 15 -30 menit dan lihatlah hasilnya

Setelah masker susu dancow diaplikasikan, tunggulah hingga 15-30 menit. Atau juga bisa masker yang mengering yang dijadikan patokan lamanya penggunaan masker. Apabila hasilnya kulit bebas masalah, maka kulitmu cocok dengan masker susu dancow. Dan jika mengalami masalah, sebaiknya tidak lanjutkan pemakaian masker susu dancow.

Dengan mengikuti cara di atas, kamu tidak perlu lagi khawatir kulit cocok atau tidak karena bisa mengetesnya langsung. Selain kulit belakang telinga, kulit di siku bagian dalam juga bisa. Langkah-langkahnya sama seperti penjelasan di atas.

Kesimpulan

Itulah efek samping masker susu dancow yang harus kamu tahu sebelum menggunakannya. Susu dancow yang sedang viral mungkin bisa menjadi alternatif kamu merawat wajah agar lebih cerah dan glowing. Sebelum itu, kami sarankan agar kamu menjalankan pengetesan masker agar tidak menimbulkan reaksi efek samping di kemudian hari.