Follow Us

5 Hal Penting Yang Harus Kamu Tau Tentang Filosofi teras : Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini

5 Hal Penting Yang Harus Kamu Tau Tentang Filosofi teras : Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini
Filosofi Teras

Filosofi Teras – Hai kamu.. Apa kabar ? pernah denger filosofi teras ? tentunya pernah ya, nah buat kamu yang belum, Netzlover akan coba membahas beberapa hal yang perlu kamu tau tentang apa itu filosofi Teras dan apa sih kaitanya dengan hidup kita saat ini ? oke tanpa  berlama lama lagi, langsung saja yuk bahas :

5 Hal Penting Yang Harus Kamu Tau Tentang Filosofi teras : Filsafat Yunani-Romawi Kuno untuk Mental Tangguh Masa Kini

  • Penulis

Yang pertama tentunya kita bahas siapa sih orang baik yang mau menulis buku sekeren ini. Karena kata pepatah tak kenal maka tak sayang, jadi Penulis Buku Filosofi Teras merupakan seorang praktisi periklanan, dengan kekhususan strategi merek & komunikasi. Henry Manampiring sudah bekerja di perusahaan besar seperti Coca-Cola Indonesia dan Facebook dalam bidang periklanan. Secara karir pendidikan Henry Manampiring meraih gelar Sarjana Ekonomi Akuntasi di Universitas Padjajaran kemudian melanjutkan program Master of Business Administration di University of Melbourne, Australia.

  • Pembaca

Nah yang selanjutnya siapa sih yang dianjurkan buat membaca dan mempelajari filosofi teras ini, sebenernya semuanya perlu untuk membaca dan mempelajari Filosofi Teras khususnya orang-orang yang ingin santai dalam menjalani hidup. diantaranya : Generasi Milenial dan Gen-Z yang ingin menjadikan dirinya tangguh;Siapapun yang penasaran dengan Filosofi Teras;Entrepreneur yang ingin meningkatkan kemampuannya;Mahasiswa atau pelajar yang ingin bisa lebih simple dalam menjalani kehidupanya yang banyak tugas.

  • Tentang Filosofi Teras
Filosofi Teras

Pada bahasan yang ketiga kali ini, saatnya kita bahas apa sih itu, serta beberapa hal lain yang berkaitan dengan Filosofi Teras. Jadi menurut Penulisnya yakni Henry Manampiring di lansir dari https://henrymanampiring.com/2018/11/21/filosofi-teras-stoicisme-dan-emosi-negatif-kekinian/  Filosofi Teras ini  merupakan  sebuah buku yang memperkenalkan filsafat Stoic/Stoa dalam Bahasa Indonesia, buku ini ditulis dengan gaya bahasa ringan tanpa menghilangkan substansi, selain itu buku ini  juga dihiasi ilustrasi menarik karya Levina Lesmana seorang ilustrator keren dan berbakat. Secara singkat Buku ini adalah gabungan penjelasan topik-topik Stoicisme yang relevan dengan kehidupan sehari-hari, dan selain itu juga ada sharing pengalaman pribadi dari .Henry Manampiring.

Nah jadi secara gampang  kamu bisa dipahami nih  kalau filosofi teras menjelaskan tentang filsafat Yunani-Romawi kuno yang bisa membantu kamu buat mengatasi emosi negatif dan akan menghasilkan mental yang tangguh dalam menghadapi masalah hidup terutama di jaman sekarang dan masa yang akan datang. Di dalam buku ini kamu bakalan mempelajari definisi Filosofi Teras dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, dan tentunya hal ini akan membuat kamu nyaman menjalani kehidupan. Beberapa hal yang menarik ketika kamu mempelajari buku filosofi teras adalah : apa yang dimaksud dengan Filosofi Teras dan bagaimana relevansinya di masa kini;bagaimana cara hidup selaras dengan alam;apa itu dikotomi kendali;bagaimana mengendalikan interpretasi terhadap kejadian dalam hidup Anda; dan bagaimana memperkuat mental;

  • Tentang Filsafat Stoic

Stoicisme yang merupakan sumber inspirasi dari filosofi teras merupakan mashab filsafat Yunani-Romawi kuno (pada jamannya, selain Stoicisme ada aliran Epicureanisme, Cynicism, Skepticism, Neoplatonism), yang berkembang 2.300 SM – 200 M (kira2 500 tahun).  Beberapa filsuf Stoic tergolong dari beberapa golongan mulai dari masyarakat kelas atas dan kelas bawah  Tokoh stoic diantaranya adalah: Epictetus (seorang mantan budak), Seneca (politisi di era Kaisar Nero), Marcus Aurelius (Kaisar baik hati, ada di film Gladiator di awal, atasan dari Russel Crowe!) Nelson Mandela konon membaca tulisan Stoic selama di penjara lebih dari 20 tahun sehingga ia bebas dari dendam kepada penindasnya. Mantan presiden AS Bill Clinton juga menempatkan buku Meditations karya Marcus Aurelius sebagai buku favoritnya.

  • Poin-Poin penting Filosofi Teras
Filosofi Teras

Pada pembahasan terakhir ini Netzlover akan mencoba menjelaskan beberapa hal penting yang bisa kamu ambil untuk membuat kamu semakin semangat dan santai menjalani hidup ala filoso teras, jadi Kebanyakan Orang  mendambakan  yang namanya ketenangan dalam hidup baik masyarakat umum, Pelajar, Pegawai bahkan wirausahawan. Banyak dari mereka yang mengalami kecemasan, kerisauan dan kekhawatiran serta kekecewaan dalam kehidupan sehari-harinya.

Di dalam Filosofi Teras tidak memberikan janji mengenai rahasia menghilangkan segala kesulitan dan tantangan hidup, sebaliknya Filosofi teras justru menawarkan cara mengembangkan mental tangguh dan bersikap tenang dalam menghadapi berbagai dinamika yang hadir dalam hidup.

  1. Empat kebajikan utama (virtues): kebijaksanaan, keadilan, menahan diri, keberanian
  2. Indifferent. hal-hal yang tidak berpengaruh pada kebahagiaan. ada preferred indifferent, seperti kesehatan, kecantikan, kekayaan, ada unpreferred indifferent, sakit karena penyakit dan kemiskinan. kedua kategori ini sama-sama tidak relevan dalam mencapai tujuan hidup yang baik.
  3. bedakan antara peristiwa objektif/fakta, dan opini/value judgement yang kita tambahkan kemudian. opini/interpretasi/value judgement ini yang sering menjadi akar dari emosi negatif.
  4. Premeditatio malorum. melatih diri membayangkan hal-hal buruk yang terjadi dalam hidup kita sehingga kita bisa lebih siap
  5. Instruct and endure. tugak kita kepada sesama manusia adalah: mengajarkan untuk menjadi lebih baik, jika tidak bisa, untuk bersabar terhadap mereka.
  6. hanya kita yang bisa mengijinkan orang lain menyakiti kita secara non-fisik (misalnya dengan hinaan, celaan, cemoohan). tidak ada penghinaan yang benar-benar terjadi jika tidak ada yang merasa terhina.
  7. Hidup selaras dengan alam, dan artinya kita harus menggunakan nalar, karena nalar/rasio adalah yang membedakan kita dari binatang
  8. dikotomi kendali. sebagian hal ada di bawah kendali kita. jangan menggantungkan kebahagiaan pada hal-hal yang tidak di bawah kendali kita. William Irvine menawarkan trikotomi kendali sebagai revisi.
  9. dikotomi kendali tidak sama dengan pasrah pada keadaan
  10. tujuan filosofi teras adalah hidup dalam ketenangan,bebas dari emosi negatif
  11. semua kesusahan yang kita rasakan datang dari pikiran kita sendiri dan bukan dari peristiwa/orang lain, dan kita bisa mengendalikan pikiran kita.
  12. banyak orang tidak bermaksud jahat, tetapi mereka tidak mengerti/tahu (ignorant).
  13. STAR (Stop-Think & Assess-Respond). Selalu lakukan ini disaat emosi negatif mulai menerpa.

Jadi Gimana ? udah mulai paham tentang Filoso teras ini? So, kamu bisa mulai mempraktekan dan bisa mencari info tentang Filosofi teras ini lebih lanjut di Youtube ataupun bisa banget membeli bukunya langsung di Gramedia terdekat. Sekian Artikel dari Netzlover kali ini, semoga hal baik selalu menyertaimu, sampai jumpa salam cinta salam netzlover.