Follow Us

Jitu!! 8 Tips Wawancara Kerja Agar Sukses menghadapi HRD (Bonus contoh pertanyaan)

Jitu!! 8 Tips Wawancara Kerja Agar Sukses menghadapi HRD (Bonus contoh pertanyaan)

Wawancara kerja merupakan tahap mengenal lebih jauh tentang profil calon pekerja apakah sesuai yang dibutuhkan perusahaan atau tidak. setiap perusahaan akan mencaritau seberapa layak calon pelamar bekerja di perusahaan tersebut. maka dari itu setiap calon pelamar haruslah mengetahui apa-apa saja yang harus di persiapkan ketika akan melakukan wawancara.

dengan mengetahui tips wawancara kerja, semua pertanyaan HRD (orang yang mewawancara kamu) akan bisa di jawab dengan percaya diri dan sempurna. maka ketika telah mampu menjawab dengan baik pertanyaan HRD, kamu akan berkesempatan besar diterima di perusahaan yang kamu inginkan untuk bekerja disana.

Maka dari itu kali ini netzlover bakalan memberikan Tips buat kamu yang membuat kamu bakal lebih tenang dan sukses ketika menghadapi HRD saat wawancara.

Jitu!! 10 Tips Wawancara Kerja Agar Sukses menghadapi HRD

1. Bayangkan kita berada di dekat HRD

kali ini untuk wawancara online ya netzlov, kamu harus banget membayangkan kalau HRD ada di dekat kita hal ini karena, akan membuat kita benar benar serius dan sangat terlihat menginginkan pekerjaan ini. jadi kamu bisa berlatih sama kerabat kamu dulu netzlov.

2. Tunjukan kalau kamu mampu bekerja dalam tim

Bekerja dalam tim merupakan salah satu poin penting dalam wawancara, karena dalam suatu perusahaan akan banyak yang dilakukan secara tim, maka dari itu kamu harus bisa meyakinkan pewawancara kalau kamu bisa bekerja dalam tim.

3. Hindari penjelasan yang berbelit-belit.

Tenang dan rileks akan membuat kamu merasa nyaman untuk menyusun kalimat ketika wawancara, sehingga penjelasan kamu tidak berbelit-belit. penjelasan yang tidak berbelit-belit akan membuat HRD senang dan menganggap kamu orang yang sistematis sehingga bisa mengerjakan pekerjaan secara efektf dan Efisien.

4. Jawab dengan diplomatis dan tidak muluk-muluk

Untuk kali ini jawab saja dengan cara yang sesua dengan realita kamu . HRD akan lebih suka dengan jawaban yang realistis dan terkesan tidak lebay. jadi percuma kamu memberikan jawaban yang terkesan tinggi tapi tidak meyakinkan. Hal demikian cenderung akan membuat kamu gagal dalam wawancara.

5. Tidak membongkar aib tempat kerja sebelumnya

Tips wawancara kerja selanjutnya yakni jangan pernah kamu membongkar aib tempat kerja kamu sebelumnya (bagi kamu yang pernah bekerja). hal ini karena akan mengindikasikan kita terlihat tidak bisa memegang rahasia besar yang berkaitan dengan banyak orang.

6. Berpenampilan sopan

yang selanjutnya yakni meskipun kamu melakukan wawancara secara offline ataupun online tetaplah kamu harus berpenampilan sopan. hal ini karena first impression HRD terhadap kamu terletak di bagaimana cara kamu berpenampilan.

dan iyu sangat menentukan bagaimana kenyamanan HRD dalam melakukan wawancara dengan kamu.

7. Hindari Berpikir terlalu lama

Berpikir secara cepat dan tepat merupakan dasar kemampuan yang harus dimiliki ketika akan bekerja. HRD cenderung akan menyukai kamu ketika berbicara secara cepat. ini uga mengindikasikan kamu adalah orang yang responsif dalam menjawab tantangan dan permasalahan.

8. Bersikap ramah dan tegas sekaligus

Poin utama dalam sebuah wawancara terletak pada sikap dan kesiapan kita ketika di wawancara. Sikap Tegas dan Ramah, inilah yang harus melekat pada diri kamu ketika kamu berada dalam situasi wawancara.

Baca Juga : 3 Tips Jitu Melamar Kerja di Indomaret agar Mudah Diterima

Daftar Pertanyaan Yang Biasa ditanyakan HRD Pada Saat Wawancara

1. ” Coba Ceritakan diri Anda?”

Pada pertanyaan ini kamu harus bisa dengan cepat menjawab. Pertanyaan ini juga merupakan pertanyaan dasar yang akan membuat HRD mengetahui seberapa jauh kamu bisa menjelaskan Gagasan kamu. jadi jawab dengan tenang dan tidak berbelit-belit.

2. “Kenapa anda tertarik melamar di perusahaan ini ?”

Jawablah pertanyaan ini dengan keadaan serealistis mungkin dan jangan mengada-ngada.

3. ” Coba jelaskan Kelemahan dan kelebihan anda ?”

di pertanyaan ini HRD akan mengukur seberapa jauh kamu jujur, jadi jangan di jawab secara berlebihan. ceritakan kelemahan dan kelebihan kamu apa adanya dan juga jangan terlalu terkesan bercurhat.

4. ” Kenapa Perusahaan ini harus mempekerjakan anda?”

Jawablah pertanyaan ini dengan menggabungkan kualifikasi diri kamu dan juga deskripsi pekerjaan yang kamu incar, dan yakinkan kalau itu akan maksimal.

5. ” Berapa Gaji yang anda inginkan?”

Pada pertanyaan ini kamu cukup menjawab akan mengikuti kebijakan perusahaan dan kalaupun harus bicara soal gaji jawablah kalau kamu akan menunjukan kerja kamu dulu baru bicara soal gaji.

Nah itulah Netzlov beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk mengikuti wawancara kerja baik secara ofline ataupun online.

tetap semangat dan berlatih untuk wawancara agar kamu sukses dalam wawancara.