Follow Us

9 Jurusan Untuk Anak IPA yang Recommended Banget Buat Kamu Beserta Prospek Kerjanya

9 Jurusan Untuk Anak IPA yang Recommended Banget Buat Kamu Beserta Prospek Kerjanya

Jurusan Untuk Anak IPA – Hai Kamu, Apa kabar? Buat kamu yang baru lulus SMA ataupun sudah tahun lalu lulusnya, tentunya kamu seneng kalau membahas kuliah. Memasuki masa dunia perkuliahan emang paling di tunggu ya. Tapi yang jadi pertanyaan adalah jurusan apakah yang pas untuk di ambil? Bukankah seperti itu? Khususnya kamu yang mengambil jurusan IPA ketika SMA, kamu harus mempersiapkan dan mencari tau jurusan untuk anak ipa yang paling sesuai sama kamu.

Tenang aja, kali ini Netzlover mau membahas Jurusan Untuk Anak IPA yang paling relevan ketika kamu akan melanjutkan ke dunia perkuliahan, beserta prospek kerjanya.

Jurusan Untuk Anak IPA yang Recommended Banget Buat Kamu Beserta Prospek Kerjanya

  • Fakultas Kedokteran
jurusan untuk anak IPA

Jurusan untuk anak IPA yang pertama ini peminatnya selalu tinggi. Karena jelas Jurusan ini udah jadi kebiasaan dan favorit banget buat para pelajar untuk mengincar jurusan ini untuk melanjutkan karir pendidikanya.

Fakultas Kedokteran sangat cocok sebagai jurusan untuk anak IPA hal ini karena di fakultas kedokteran kamu akan mempelajari tentang berbagai penyakit serta bagaimana cara-cara penyembuhan serta karakteristikny. Yang tentunya basic nya udah kamu pelajari ketika di SMA khususnya mata pelajaran Biologi ya.

Namun demkian Meskipun banyak banget yang bilang kalau jurusan untuk anak IPA ini susah untuk dimasuki dengan belajar dan persiapan serta tekat yang kuat kamu bisa banget berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan di fakultas kedokteran kali ini.

Nah untuk prospek kerjanya sendiri, Kalau kamu memilih melanjutkan pendidikan di Kedokteran, tentunya kamu bisa menjadi dokter kandungan, dokter umum, dokter gigi ,dokter anak, dan masih banyak lagi. Eits, Tapi kamu gak bisa resmi langsung jadi dokter ya! Kamu harus mengambil sertifikasi dulu, biar dapet legalitas menjalankan pekerjaan.

  • Jurusan Teknik Industri

Jurusan untuk anak IPA yang kedua ini pastinya kamu sudah tau, karena namanya yang sudah terkenal! Jurusan ini merupakan jurusan teknik yang katanya banyak orang bilang gak teknik teknik banget!

Tapi tenang aja, jurusan Teknik Industri ini bisa menjadi pilihan utama kamu untuk memulai karir di dunia perkuliahan loh! Jurusan teknik Industri ini sangat pas banget untuk kamu yang suka dengan pelajaran fisika, karena di Teknik Industri kamu akan belajar mengenai hal-hal tentang peningkatan, perancangan, dan pemasangan sistem.

Untuk prospek kerjanya sendiri, kamu bisa berkarir  perusahaan BUMN seperti PERTAMINA.

  • Jurusan Ilmu Kehutanan

Jurusan untuk anak IPA yang satu ini juga banyak peminatnya loh. Kamu harus melalui persiapan yang maang agar di terima di jurusan ini. Nah  Sebagai mahasiswa yang belajar di jurusan Ilmu Kehutanan, kamu akan mempelajari segala sesuatu yang berkaitan tentang hutan mulai dari ekologi hutan, ilmu tanah, fisiologi tumbuhan sampai manajemen hasil hutan itu sendiri.

Pada Ilmu Kehutanan juga berkaitan erat dengan pelestarian dan konservasi hutan. Buat yang satu ini cocok banget ketika kamu berada di Indonesia, hal ini bisa jadi pertimbangan nih karena di Indonesia yang pelestarian hutannya sangat diperhatikan.

Untuk prospek kerjanya, sebagai lulusan Ilmu Kehutanan, kamu bisa banget bekerja sebagai spesialis konservasi alam, pengawas hutan, konsultan lingkungan, ahli konservasi hutan.

  • Teknik Sipil

Jurusan untuk anak IPA yang pertama adalah jurusan Teknik Sipil. Pastinya kamu anak IPA sudah gak asing lagi kan dengan jurusan ini? Biasanya sih jurusan Teknik Sipil terkenal dengan jurusan yang fokus ke “bangun-membangun” sebuah gedung? Benar gak sih?

Gak salah juga loh.. Karena di jurusan Teknik Sipil nanti kamu gak hanya fokus untuk pembuatan bangunan aja, tapi juga akan diajarkan tentang bagaimana caranya kamu memilih dari segi material yang cocok, bahan-bahannya, mengatur sumber daya air, hingga merancang desain konstruksi.

Nah, sebagai mahasiswa sarjana Teknik Sipil, biasanya kamu juga akan diberikan tanggung jawab di bagian bangunan loh misalnya menjadi manajer konstruksi yang bertugas untuk mengawasi aktivitas dan kinerja dari seluruh orang yang terlibat. Jadi, jurusan Teknik Sipil ini akan cocok banget sama kamu yang suka dengan hal-hal yang fokus di bidang pembangunan.

  • Jurusan Ilmu Gizi

Jurusan untuk anak IPA yang selanjutnya ini yakni  jurusan Ilmu Gizi, Ilmu Gizi juga sangat terkenal di para pelajar IPA karena kaitanya terlebih khusus sama pelajaran biologi dan kimia . yang ini bakal bikin Ilmu Gizi bisa cocok banget buat kamu.

Dalam urusan apa yang dipelajari, Ilmu Gizi mempelajari tentang keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan, serta asupan asupan gizi yang tentunya untuk meningkatkan kualitas kondisi tubuh manusia. kemudian, Ilmu Gizi juga mempelajari soalsosial,  ekonomi, hingga soal budaya.nah selanjutnya andaikan kamu adalah lulusan dari mahasiswa Ilmu Gizi, pastinya kamu akan fokus bekerja di bidang ahli diet dan nutrisi atau hal-hal yang memang berhubungan dengan produksi makanan, bisa di rumah sakit, pabrik makanan atau yang lainya.

  • Jurusan Teknologi Pangan
jurusan untuk anak ipa

Jurusan untuk anak IPA yang berikutnya yaitu jurusan yang cukup terkenal banget nih guys,  apakah itu? Jawabnya adalah jurusan Teknologi Pangan. Teknologi Pangan adalah jurusan yangmana akan mempelajari produksi makanan dan harus memastikan bahwa makanan yang diproduksi itu aman untuk dikonsumsi dan juga tetap memenuhi kebutuhan gizi yang sesuai.

Di jurusan untuk anak IPA yang satu ini kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana efek sosial dan makanan yang di konsumsi termasuk bagaimana makanan tersebut bisa mempengaruhi budaya loh! Nah untuk prospek kerjanya biasanya mahasiswa lulusan dari jurusan Teknologi Pangan akan berkarir di bidang Quality Control/Pengendalian Mutu, konsultan pangan dan gizi, pengembangan produk, dan lain sebagainya.

  • Jurusan Farmasi

Jurusan kuliah untuk anak IPA yang selanjutnya adalah jurusan keren yang juga sulit nih kalau mau masukk kesini, betul banget adalah jurusan Farmasi. dimana jurusan Farmasi ini merupakan jurusan yang berhubungan banget dengan obat-obatan. belajar di jurusan Farmasi dipastikan akan mendalami dan mengenali struktur senyawa obat  serta cara mengolahnya sehingga menjadi aman untuk dikonsumsi.

Nah, semua mahasiswa lulusan jurusan Farmasi di usahakan bisa menjadi ahli dalam mengolah obat mulai dari membuat hingga memodifikasi obat yang bisa memenuhi standar kualitas.untuk urusan prospek kerjanya lulusan Farmasi ini akan menjadi seorang apoteker, spesialis kimia, dan lainya yang berhubungan dengan obat-obatan.

  • Teknik Mesin

Jurusan untuk anak IPA yang satu ini adalah jurusan yang bisa dibiilang peminatnya banyak yang cowok, jurusan itu adalah jurusan Teknik Mesin.

Jurusan Teknik Mesin mempunyai cakupan ilmu yang luas, gak Cuma mesin motor dan mobil aja ya. Sebagai mahasiswa jurusan teknik mesin, kamu akan mendalami dan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan buatan manusia yang memiliki kemampuan untuk bergerak dan digerakkan atau Bahasa simpelnya dalah mesin buatan manusia.

Jadi intinya kamu akan mempelajari segala hal yang terkait dengan motor,  pesawat terbang, robot,  mobil, sepeda, bahkan kapal laut. selain itu juga, kamu akan belajar mengenai konversi energi misalnya saja seperti sistem termal, motor bakar, dan kamu akan diminta untuk menggambar teknik bahkan pembuatan prototype mesin-mesin tersebut. untuk urusan prospek kerjanya kamu akan bisa bekerja di pabrik sebagai teknisi ataupun bisa berwirausaha sendiri membuka jasa perbenahan mesin dan lain sebagainya.

  • Jurusan MIPA

Di jurusan untuk anak IPA kali ini tentunya jurusan yang paling relevan dengan apa yang kamu pelajari ketika belajar di SMA jurusan IPA di jurusan matematika, biologi, fisika,kimia baik murni ataupun pendidikan kamu akan belajar tentang apa yang sudah kamu pelajari di SMA secara lebih mendalam, tentunya asik dan akan terihat lebih mudah ya.

Nah untuk prospek kerjanya kamu bisa menjadi pendidik untuk yang mengambil jurusan bidang pendidikan dan bisa menjadi ilmuwan untuk yang mengambil jurusan murni.